Ulasan Buku Sang Guru Piano

 


Ulasan Buku Sang Guru Piano


Judul: Sang Guru Piano

Judul Asli: Die Klavierspielerin

Tempat Terbit Asli: Hamburg

Penulis: Elfriede Jelinek

Penerbit: KPG

Penyunting: Ayu Utami

Halaman: 293 halaman

Tahun Terbit: Cetakan Ketiga, Februari 2016

EISBN: 9786024249816

Genre: Drama


Erika Kohut adalah seorang pianis juga profesor musik di Wina. Berkat kepiawaiannya bermusik, sudah tak terhitung banyaknya musisi muda yang lahir di tangannya. 


Di balik karismanya, sebenarnya, Erika adalah seorang gadis pemurung yang lahir dari seorang ibu yang suka mengontrol dan menindasnya. Sejak kecil sampai dewasa kehidupan perempuan berbakat ini sudah ditentukan oleh ibu yang tinggal bersamanya. 


Perilaku hubungan toksik antara Erika dan ibu, membuatnya mencari kesenangan di luar rumah. Tekanan emosional terus-menerus mengubah gadis berusia tiga puluhan ini menjadi sangat haus untuk mengontrol dan juga haus akan kebebasan. 


Erika sangat mendamba kehidupan yang liar dan berwarna. Gayung pun bersambut, keinginan Erika mendapat angin segar berkat kehadiran Walter, murid barunya. 


Novel setebal 293 halaman ini adalah karya fenomenal dari seorang penulis novel yang bernama Elferide Jelinek. Perempuan kelahiran Austria ini pun dianugerahi sebagai pemenang hadiah Nobel Sastra 2004 karena menghasilkan novel ini. 


Karya asal Hamburg ini pertama sekali terbit di tahun 1983 dengan bahasa asli Jerman. Belasan tahun kemudian novel ini pun difilmkan oleh sineas Michael Haneke. Pengalihwahanakan ini bahkan diganjar tiga penghargaan utama di Festival Film Cannes 2001. 


Novel Sang Guru Piano atau Die Klavierspielerin adalah salah satu dari banyak karya Elferide yang mengritik perilaku konsumtif, relasi kuasa dan kritik sosial lainnya. 


Medan, Juni 2024


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

Asus Vivobook Go 14 , Laptop Ekonomis Terbaik untuk Mahasiswa Produktif

Apa Ingatan Masa Kecilmu yang Kau Ingat Sampai Sekarang?