Buku Untukmu si Pencinta Self Reward

Ulasan Buku The Psychology of Money

Siapa yang suka impulsif membeli banyak barang atau healing ke tempat eksotis dengan dalih self reward? Ayo, ngacung. Hahahahha. Aku juga. 

Ternyata seseorang yang kurang mampu mengontrol emosinya akan sering membeli barang atau membelanjakan sesuatu di luar kebutuhan utamanya. Apa sebab? Karena akan membawa kebahagiaan sesaat. 

Voltaire berkata sejarah tak pernah mengulang dirinya sendiri. Manusia dan perilakunya-lah yang mengulang satu kejadian.

Bagaimana mengelola uang dengan baik? Apakah keterampilan ini berhubungan dengan kepintaran seseorang?

Ternyata mengelola uang berkaitan dengan perilaku individu. Seseorang yang tidak bisa mengendalikan emosinya, cenderung tak bisa mengendalikan aliran keuangannya. Semakin kamu mudah terbawa emosi maka semakin sulitlah kamu mengatur keuanganmu.










Menurut Morgan ada satu cara untuk tetap kaya, yaitu kombinasi sikap hemat dan paranoia. Buku setebal 240 halaman ini akan membawamu belajar sejarah ketamakan, kegelisahan dan optimisme.

Buku ini cocok dibaca bagi dirimu yang tak suka tulisan panjang. Keduapuluh bab diceritakan dengan lugas, berbasis data dan penjelasan ringkas.

Buat dirimu yang kebingungan mengatur keuangan pribadi, tidak tertarik berinvestasi, takut dengan risiko dan tidak tahu bagaimana berimbas besarnya gaya hidupmu kepada neraca pribadimu, maka bacalah. 










Apakah buku ini hanya pantas dibaca oleh orang yang sudah memiliki uang banyak? Tentu tidak. Perilaku dan pola pikirmu tentang uang akan lebih mudah dibentuk bila kamu sedang merintis hidupmu. 

Hal menarik lainnya, Morgan menceritakan 19 bab cerita pendek tentang pengalaman orang-orang terkait perilaku emosinya. Siapa tahu dari belasan kisah ini, ada yang mirip denganmu dan bisa dicontoh. Ya, kan?

Cukup. Tahu kapan harus berhenti. Hal paling penting yang kupelajari di buku yang dinobatkan sebagai salah satu buku terlaris di dunia ini. 

Selain bisa dibaca siapa dan usia berapa saja, sudut pandangmu tentang membenahi keuanganmu akan diperkaya oleh buku ini. 

Bagaimana? Tertarik? Aku merekomendasikannya, ya. 


Judul: The Psychology of Money

Penulis: Morgan Housel

Penerbit: Bentara Aksara Cahaya

Halaman: 240 halaman

Tahun Terbit: April 2022

ISBN: 9786026486578

Genre: Non Fiksi


Medan, 24 Oktober 2023

Komentar

  1. Aku masih baca atomic habit, dan buku ini masuk dalam list untuk aku baca selanjutnya. thanks reviewnya, kak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan

Mewujudkan Rumah Impian, Pilih Beli Kavling Tanah atau Rumah Jadi?