Wisata Mindfulness untuk Hidup Bahagia di Sumut

Apakah belakangan moodmu sering kacau karena pekerjaan atau cuaca yang tak menentu? Atau kamu sedang mencari tempat untukmu bisa merenungi pilihan-pilihan hidupmu? Aku mau merekomendasikanmu sesuatu. Apa? Berwisata dengan mindful. 










Ada empat hormon yang katanya bisa membangkitkan semangat dan bahagiamu, yaitu dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorphin. Serotonin, khususnya, disebut sebagai hormon yang membuatmu merasa lebih baik. Serotonin berkontribusi pada perasaan bahagia, sejahtera, dan kepuasan pribadi. Perasaan lebih baik ini dicapai dengan tertawa, mengonsumsi makanan sehat dan praktik mindfulness.










Siapa yang tidak tertarik mencari makna hidup sambil menikmati keindahan alam? Ada satu tempat di Sumatera Utara yang akan memberikanmu suguhan pemandangan alam, dan latihan bermeditasi. Namanya House of Mindfulnesss. Berlokasi di Sungai Landak, Bohorok, Sumatera Utara pusat meditasi Zen ini dikembangkan oleh pasangan suami istri, Susanto Chiang dan Sri Astuti.










Belakangan cara hidup mindfulness sering terdengar di media sosial. Di tengah hidup yang penuh dengan ketidakpastian, anak-anak muda yang sering dipenuhi dengan kecemasan sering mencari solusi untuk menghadapinya. 










Sebenarnya apa arti dari mindfulness? Singkatnya, menurut Laura Buchholz di bukunya yang berjudul Exploring the Promise of Mindfulness Medicine (2015), mindfulness adalah suatu praktik atau terapi yang dilakukan untuk mengobati pikiran dan tubuh berdasarkan teknik meditasi Buddha. Here and Now adalah dua kata yang sering disambungkan dengan cara hidup ber-mindfulness. Latihan meditasi ini akan mengajakmu menyadari nafas dan fokus hanya kepada keadaan di saat ini. 






House of Mindfulness di laman Instagramnya @house.of.mindfulness menyebutkan mindfulness berarti cara hidup bahagia tanpa stress, sehat secara holistik, tubuh pikiran dan batin. Romo Santo, begitu Susanto Ciang biasa disapa, mengatakan latihan meditasi dengan metode Zen sederhana dan mudah dimengerti, universal dan aplikatif. 

Pusat Meditasi ini juga menyuguhkan sungai yang mengalir jernih di tepi hutan lindung Gunung Leuser. Pelatihan meditasi mindfulness terbuka bagi orang yang sering mengeluhkan masalah stres, susah konsentrasi, susah tidur (insomnia), sering gelisah, sibuk tak menentu, tidak tenang, mudah marah, dan perasaan sedih yang berkepanjangan. 

Apakah kamu baru dalam mengenal mindfulness? Tidak perlu khawatir karena latihan meditasi di House of Mindfulness mengajarkanmu dari dasar cara hidup untuk fokus kepada masa kini. Pelatihan berdurasi dua sampai tiga hari ini akan mengajakmu untuk melakukan berbagai kegiatan, antara lain menyadari nafas, meditasi jalan, meditasi gerak, meditasi tidur, meditasi makan, dan berdiskusi secara pribadi seputar masalahmu. 

Kesan Pribadi Mengikuti Retreat Mindfulness di House of Mindfulness

Saya mengikuti pelatihan ini selama dua hari satu malam. Titik kumpul mobil ditentukan di daerah paling dekat dari domisili saya yaitu di HM. Yamin. House of Mindfulness menyediakan transportasi pulang dan pergi, ojek sewaaan menuju lokasi, makanan dan penginapan selama latihan berlangsung. Biaya yang dibutuhkan untuk dua hari satu malam adalah Rp.450.000 per orang. Sedangkan untuk retreat selama tiga hari dua malam adalah Rp.600.000 per orang.

Perjalanan kami peserta retreat meditasi dari Medan ke Bukit Lawang menggunakan mobil dan berdurasi sekitar dua jam perjalanan. Sesampainya di Indomaret Bukit Lawang, pengendara motor sewaan sudah menanti kedatangan kami. Perjalanan naik motor sekitar sepuluh menit akan membawamu ke tepi hutan Gunung Leuser. Seluruh peserta akan diajak pemandu untuk menyusuri sungai. Di kanan dan kiri sungai kamu akan melihat pemandangan yang asri dan alami. Bebatuan sungai, suara burung dan primata yang sesekali terdengar dari balik pepohonan serta pemandangan hijau-hijau akan mengantarkanmu ke House of Mindfulness.     










Selama dua hari di sini, mandi sungai adalah kegiatan yang tak bisa dilewatkan setelah bermeditasi. Makanan vegetarian yang disantap sambil memandang hamparan hutan dan sungai akan menyempurnakan kegiatan wisata mindfulnessmu.










Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Silakan, ya. Aku merekomendasikannya. 

Komentar

  1. Semakin damai bisa main air juga ya,sis. Baru tau juga tentang wisata mindfulness ini. Next boleh donk diajakin sister.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan

Mewujudkan Rumah Impian, Pilih Beli Kavling Tanah atau Rumah Jadi?