𝐏𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐲𝐚𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐑𝐞𝐚𝐥𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐒𝐞𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐃𝐢𝐧𝐢

Sumber Gambar: Google Images

𝑻𝒖𝒉𝒂𝒏, 𝒃𝒆𝒓𝒊𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒌𝒂𝒎𝒊 𝒌𝒆𝒅𝒂𝒎𝒂𝒊𝒂𝒏 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕 𝒎𝒆𝒏𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒃𝒊𝒔𝒂 𝒌𝒂𝒎𝒊 𝒖𝒃𝒂𝒉 𝒅𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒃𝒆𝒓𝒂𝒏𝒊𝒂𝒏 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒖𝒃𝒂𝒉 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕 𝒌𝒂𝒎𝒊 𝒖𝒃𝒂𝒉.”

Sepenggal doa di atas adalah harapan yang diucapkan bersama para survivor HIV+ di tempat Marini (diperankan Della Dartyan) turut hadir juga di sana. Hatinya tak karuan mendengar kesaksian orang-orang yang ada di depannya. Sebentar lagi Marini akan menikah, tapi kejadian besar serasa menimpa berat kepalanya.

“Tahu lebih cepat itu lebih baik. Sekali saja pernah berhubungan seksual tanpa pengaman maka itu sudah berisiko,” kata seorang pria tiga puluhan membuka kegiatan.

“Saya tahu terkena HIV+ setelah diperiksa program PMTCT,” kata seorang ibu berhijab dan berwajah sendu.

Marini diizinkan datang ke sana walaupun dia bukan penderita HIV+. Ternyata alasannya datang karena saudara laki-laki dan kakak iparnya positif HIV+. Peristiwa beruntun ini membuat Marini gundah-gulana. Di satu sisi dia kecewa karena ternyata saudara laki-lakinya ini sudah tahu dari awal kalau dia berisiko menularkan.

Cerita di atas adalah sebagian kisah yang kukutip dari film pendek berdurasi 15 menit yang berjudul Positif. Karya dari Atiqah Hasiholan ini kaya makna dan rasa. Aku bisa merasakan kesedihan dari Marini. Semakin lama aku semakin menyukai akting Della Dartyan, apalagi ketika dia beradu akting dengan Amala di sini. Siapa Amala? Saksikan sendirilah. Hahaha.  Awalnya kukira dia adalah istri dari Oka, ternyata bukan. Akting Oka Antara yang berperan sebagai abang Marini tentu tak diragukan lagi.

Banyak penguatan dan kampanye melawan stigma didengungkan di dalamnya. Aku bisa menangkap pesannya tanpa merasa digurui. Berharap film sejenis akan banyak diproduksi ke depannya. Walaupun sudah positif, tapi harapan hidup masih tinggi bila ditangani ahlinya sedini mungkin dan rutin mengkonsumsi obat. Diagnosis positif tak menghalangi produktivitas dan cara penderita untuk bersosialisasi.

Tertarik untuk menontonnya? Link sudah kusertakan di bawah, ya. Salam.


Link Film: https://www.youtube.com/watch?v=HR6BeNBActw

Judul Film: Posi+if.

Pemeran: Della Dartyan, Oka Antara, Cynthia Bella, Haydar Salishz

Penulis Naskah: Atiqah Hasiholan, M. Irfan Ramli, Yemima K.

Sutradara: Atiqah Hasiholan

Produser: Tersi Eva Ranti

 

Medan, 3 Mei 2021

𝐏𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬: 𝐌𝐚𝐫𝐢𝐚 𝐉𝐮𝐥𝐢𝐞 𝐒𝐢𝐦𝐛𝐨𝐥𝐨𝐧


#Ulasan

#30HariBlogBer21

#BloggerMedan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan

Mewujudkan Rumah Impian, Pilih Beli Kavling Tanah atau Rumah Jadi?