A sampai Z Genre yang Populer Dipakai di Dalam Buku Fiksi

 

Sumber gambar: Unsplash

Bila kamu membaca sebuah buku fiksi, genre apa yang paling disukai? Adakah genre khusus yang kamu cari-cari dan menjadi referensi tulisanmu?

Genre menurut KBBI adalah jenis, tipe atau kelompok sastra atas dasar bentuknya; ragam sastra. Misalnya genre prosa, dan genre puisi.

Genre prosa adalah ragam sastra yang meliputi novel, roman dan lain sebagainya. Sedangkan genre puisi meliputi pantun, syair, soneta, saja dan lainnya.

Kali ini aku akan mengajakmu mengenali berbagai genre yang biasa digunakan di novel fiksi. Jadi lain waktu ketika membaca sebuah buku fiksi, kamu sudah bisa mengklasifikasikannya ke dalam genre di bawah.

Menurut KBBI, fiksi berarti cerita rekaan (roman, novel, dan sebagainya). Fiksi bersifat khayalan, tidak berdasarkan kenyataan, dan pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran.

Bisa disimpulkan buku fiksi ditulis  berdasarkan imajinasi dan pemikiran penulis. Di dalam genre fiksi, penulis bisa menulis kisah yang terinspirasi dari kejadian dan fenomena di dunia nyata, serta cerita yang sudah ada lalu membumbuinya dengan imajinasi penulis. Namun, penulis juga bisa menulis kisah yang benar-benar baru berdasarkan imajinasi murni dari penulis.

Sebelum kamu memilih mana genre yang menjadi favoritmu, mari kita lihat beberapa genre populer berikut. Cekidot!

Berikut beberapa genre yang biasa dipakai di dalam buku fiksi:

a.    Drama

Genre ini adalah salah satu tipe yang paling sering dipakai oleh penulis fiksi. Biasanya di dalamnya terdapat konflik protagonis dengan tokoh lainnya atau keadaan di sekitarnya. Konfliknya bisa berupa konflik keluarga, persahabatan, sosial, politik, percintaan, keadaan sekitar, bencana, kesusahan hidup dan lain sebagainya.

Sumber gambar: Unsplash

b.   Petualangan (Adventure)

Biasanya tokoh diceritakan harus menyelesaikan suatu misi. Tokoh akan diberi tantangan dan kesulitan untuk mencapai tujuannya. Protagonis akan diajak berkeliling dan menjelajahi tempat-tempat tertentu dengan alasan khusus.

Sumber gambar: Unsplash

c.    Fantasi

Aliran buku ini ditulis berdasarkan imajinasi penulis dan di luar nalar pembaca. Di genre ini penulis bisa membuat hidup, dunia, bahasa, peraturan dan makhluk baru yang tidak ada di dunia nyata.  Biasanya genre ini menggabungkan sihir, mitologi, dunia supernatural, alien, hibrid, dan lain sebagainya.


Sumber gambar: Unsplash

d.   Kriminal, Detektif dan Misteri

Cerita yang mengandung unsur misteri dan penyelidikan kasus. Di dalam buku ini akan banyak kejadian aneh yang disebarkan di bagian-bagian ceritanya. Karakter yang diciptakan penulis akan bertugas untuk memecahkan misteri di balik kejadian misterius atau kasus-kasus kriminal yang belum terpecahkan. Biasanya topik ini berkaitan dengan penyelidikan polisi, agen rahasia dan detektif. 

Sedangakan buku dengan tema kriminal, biasanya fokus utamanya adalah menghadirkan aksi perampokan, pencurian, pembunuhan dan aksi kriminal lainnya. Protagonis akan bertugsa melawan gerombolan mafia, yakuza atau gangster.

Sumber gambar: Unsplash

e.    Horor

Tulisan bergenre horor biasanya mengenai dunia gaib, hantu, monster, vampire, dan lain sebagainya. Adegan di genre horor dibangun mencekam dan penuh misteri agar pembaca penasaran dan diliputi sensasi rasa takut.

Genre horor memiliki beberapa subgenre yaitu:

1.      Horor aksi yang menggabungkan misteri dunia gaib dengan unsur aksi.

2.      Horor psikologikal yang melibatkan dunia gaib dengan kondisi psikis karakternya.

3.      Horor komedi yang menggabungkan misteri dunia gaib dengan unsur komedi.

4.      Slasher adalah kombinasi horor dengan cerita pembunuh berantai yang mengancam.

5.    Horor supernatural berhubungan dengan unsur mistis dan gaib. Untuk tipe ini biasanya dikenal dengan adanya adegan rukiah atau exorcist.

6.     Horor thriller yakni film horor yang menegangkan dan sangat mencekam. Sering kali di genre ini tidak ada sosok hantu atau sosok menyeramkan yang ditampilkan. Namun itu tidak mengurangi tensi yang menegangkan.

7.      Horor alam yaitu menggabungkan elemen alam dan makhluk hidup lainnya.

8.      Zombie yaitu film horor yang menghadirkan mayat hidup.

 

Sumber gambar: Unsplash

f.     Thriller dan Suspense

Jenis buku yang ditulis untuk memacu adrenalin pembaca. Dari awal sampai akhir pembaca diajak tinggal di dalam suasana mencekam dan penuh ketegangan. Biasanya genre ini dipadukan dengan unsur misteri, horor, dan aksi.

g.    Gore

Genre gore bisa sering disalahpahami segai genre horor dan thriller. Sebenarnya apa yang membedakannya?  Di dalam buku tipe ini, pembaca akan disuguhi aksi sadis dari karakter. Pembaca akan membaca adegan penuh darah, penyiksaan dan aksi

Sumber gambar: Unsplash


h.   Fiksi Ilmiah (Science Fiction)

Biasanya cerita berkisah tentang teknologi dan masa depan. Dunia di genre ini dibangun lebih canggih dari teknologi yang ada di dunia nyata. Sehingga sering kali teknologi di genre ini menginspirasi penemuan teknologi baru di dunia nyata. 

i.      Komedi

Tujuan utama penulisan buku ini adalah membuat pembaca tertawa dan terhibur. Penulis harus memiliki formula khusus agar situasi, dialog dan adegan yang digambarkan membuat pembaca bertahan dan tertawa sampai akhir halaman.

j.     Love Story

Biasanya cerita ini berkisah tentang hubungan percintaan tokoh. Apa yang membedakan dengan genre romance? Salah satunya di bagian akhir cerita. Di dalam genre ini kisah akhir bisa dibiarkan terbuka dan berakhir tragis.


Sumber gambar: Unsplash

k.   Romance

Selain drama, genre ini adalah tipe yang paling banyak dipakai penulis sekaligus digemari pembaca.

Genre romance bercerita tentang kisah cinta antara tokoh di dalamnya. Di dalam kisah ini, biasanya berakhir dengan bahagia alias happy ending. Pilihan kata di buku ini menggambarkan hubungan yang penuh hasrat dan romantis. Genre romance pun memiliki sub lagi seperti paranormal, historis, kontemporer, fantasi dan gothic.

l.      Fan Fiction

Menurut wikipedia fan fiction adalah fiksi mengenai karakter atau latar dari suatu karya fiksi orisinal, dibuat oleh penggemar dan bukan penulis aslinya. Salah satu contoh dari genre ini adalah seorang publik figur yang  menjadi anggota boyband terkenal di Korea dijadikan tokoh utama fiksi dan digambarkan memiliki cerita yang sama sekali berbeda dengan cerita atau kehidupan aslinya.

Sumber gambar: Unsplash


m. Sejarah

Buku ini mengambil seting di masa lalu dan terinspirasi dengan kisah sejarah yang sudah ada. Penulis biasanya menyisipkan kisah di buku ini ke dalam masa tertentu. Penulis juga bisa menginterpretasikan ulang suatu kisah sejarah sehingga bertentangan atau melenceng dengan kisah yang bisa dituturkan. Sebaliknya penulis juga bisa menulis kisah yang memperkuat dan memperjelas sejarah yang ada berdasarkan rekaannya.

Salah satu subgenre yang terkenal dari genre sejarah adalah Hisrom. Singkatan dari history-romance. Karakter digambarkan hidup di zaman dahulu. Biasanya berlatar abad 18 dan 19.

n.   Chicklit

Buku ini diperuntukkan kepada wanita dewasa modern. Selain percintaan, konflik di dalamnya dibumbui tentang karir, perselingkuhan pasangan, adegan sensual dan seputar kehidupan perkotaan.

o.    Teenlit

Buku tentang kehidupan remaja dan kisah di dalamnya. Konflik di dalamnya berkisar tentang percintaan, persahabatan dan pencarian nilai serta jati diri.

p.   Young Adult

Buku genre ini menceritakan tentang kehidupan anak SMA sampai anak kuliah. Konflik di dalamnya mirip dengan teenlit.


q.   Metro Pop

Seperti namanya, buku ini berkisah tentang kehidupan manusia dewasa di kota metropolitan. Konflik yang ditawarkan adalah percintaan, persahabatan, keluarga, isus karir, kehidupan glamor yang dipenuhi barang bermerk, serta permasalahan lainnya.

r.    Action

Genre action memiliki subgenre yaitu:

1.      Action-comedy yang menggabungkan unsur aksi dengan komedi.

2.      Disaster-movie yang menggabungkan unsur aksi dengan bencana alam

3.      Martial-arts yang menggabungkan unsur aksi dengan teknik bela diri

4.      Spy film yang menggabungkan unsur aksi dengan aksi spionase alias agen mata-mata

5.   Buddy cop yang menggabungkan unsur aksi dengan tokoh utama yang memiliki latar belakang saling bertolak belakang.

6.  Superhero yang menggabungkan unsur aksi dengan tokoh pahlawan yang memiliki kekuatan super.

7.      Swashbuckler yang menggabungkan unsur aksi dengan setting tempat di masa lalu 

s.     Antologi Cerpen

Berisi kumpulan dari beberapa cerita pendek dari satu penulis atau lebih yang dihimpun di dalam satu buku. Biasanya semua cerita memiliki tema yang sama.

t.     Perempuan

Buku yang bertopik tentang perjuangan perempuan. Di dalamnya pembaca akan melihat bagaimana perjuangan perempuan dalam meraih mimpi dan melepas stigma yang selama ini memenjarakannya.

                                                                                                            Sumber gambar: Unsplash

u.   Western

Buku ini erat kaitannya dengan adegan koboi yang berkuda mengejar gangster. Atau akan ada tokoh sherif yang tembak menembak dan melakukan aksi heroik lainnya.

v.    Perang

Buku akan berseting di zaman peperangan tertentu. Di dalamnya tidak hanya menceritakan kondisi perang tetapi juga kehidupan sosial politik di masa itu. Biasanya ada adegan pelarian karakter menuju area yang aman atau perjuangan karakter meraih kemenangan di dalam perang.

w.  Anak

Buku khusus anak ini biasanya ditulis dengan bahasa sederhana, berkesan dan gambar menarik. Tujuannya agar memberikan pemahaman dan informasi yang lebih baik tentang kehidupan kepada anak. Buku ini menempatkan sudut pandang anak sebagai pusat perhatian cerita.

                                                                                                                Sumber gambar: Unsplash

x.    Olahraga

Buku ini akan membahas tentang perjuangan tokoh dengan timnya dalam meraih kemenangan di dalam event olahraga. Jenis olahraganya antar lain silat, tinju, bulu tangkis, renang, basket dan lain sebagainya.

Sumber gambar: Unsplash

y.    Binatang

Binatang adalah tokoh utama dalam cerita ini. Binatang diceritakan memiliki sudut pandang dan sistem sendiri dalam menceritakan kisah di buku ini.

                                                                                                       Sumber gambar: Unsplash

z.    Klasik

Di genre ini, penulis mengambil seting di beberapa puluh dekade ke belakang. Mulai dari cara berbicara, penggambaran lokasi, bangunan, pakaian, dan cara berpikir disesuaikan dengan keadaan sosial politik budaya dan perkembangan teknologi serta tren di masa itu. Genre ini sangat menarik karena pembaca diajak untuk berandai-andai tinggal di masa lampau dan bernostalgia dengan kenangan indah di masa itu.

Jadiiiii, dari penjelasan di atas, yang mana genre favoritmu? Adakah genre yang ingin kau tuliskan segera? Atau adakah genre yang belum kusebutkan? Ceritakan di kolom komentar di bawah, ya. Kutunggu! Salam.


Medan, 21 April 2021.

Penulis: Maria Julie Simbolon

 

#Ragam

#30HariBlogBer9

#BloggerMedan

@Blogger_Medan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

Asus Vivobook Go 14 , Laptop Ekonomis Terbaik untuk Mahasiswa Produktif

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan