Ketika Setiap Tekadmu Digagalkan Oleh Dirimu Sendiri

Sumber Gambar: Google Images

Pernahkah dirimu memiliki banyak sekali pertanyaan yang tak terjawab? Kenapa begini? Kenapa bisa begitu? Apa yang salah di hidupku padahal aku sudah melakukan hal dan pilihan yang kurasa tepat? Bisa kah aku berubah lebih baik? Dapatkah aku sampai ke tujuanku? Aku pun begitu. Banyak sekali pertanyaan yang terus beranak pinak di kepalaku. Sedih dan kesal rasanya bila tekad yang sudah dituliskan berakhir gagal karena digagalkan diri sendiri.

Hal di atas yang membuat aku tertarik membeli buku ini ketika datang ke pameran BBW di Lapangan Polonia Medan. Aku memiliki banyak pertanyaan dan buku ini adalah jawabannya. Sebab apa? Judulnya The Answer. Hahhahaha. Harapannya buku ini bisa membantuku menjawab pertanyaanku atau dirimu.

Mulailah kubalik-balik isi bukunya ya, kan dan daftar isinya sudah cukup membangkitkan rasa kepoku. Mari kita ulas.

Buku The Answer terdiri dari 16 bab yang subjudulnya seolah meresume semua buku self help yang pernah kubaca. Beberapa diantaranya, Decide What You Want, Set Clearly Defined Goals, Make a Plan With a Deadline, Take Responsibility for Your Life, The Art of Visualitation, The Power of Affirmation, Develop New Habits, Overcoming Fear and Worry dan Tell Your Body What to Do. Menarik bukan?

Salah satu hal yang dibahas oleh kedua penulisnya adalah revealing the secret of the RAS. Apa itu RAS? RAS singkatan dari Reticular Activating System adalah sistem di otak yang berfungsi mengatur manusia untuk tidur, bangun, bernapas, berdetak bahkan mengatur fokus.

RAS akan menyaring dan memperlihatkan apa yang penting dan harus kita lakukan. Allan dan istrinya Barbara, yang dikenal sebagai ahli hubungan, membuat buku ini menjadi sangat mudah untuk dipahami.

Buku ini membantu untuk mendefinisikan tujuan, tanggung jawab, seni visualisasi, dan topik lain yang terkait dengan perkembangan kita. Ibarat GMaps, dirimu cukup memasukkan tujuanmu maka sistem RAS yang akan mengantarkanmu tiba di sana.

Satu bagian di buku ini yang cukup membuat aku tertampar. Ceileh. Kalau dibahasa medankan jadi, "Halah-halah, sudahlah tak perlunya kau motivasi-motivasi kosong itu. Lakukan saja dengan konsisten, jalankan dengan disiplin dan penuh komitmen. Habis perkara." Makjang!

Buat dirimu yang sudah sering membaca buku bergenre self help, bisa dipastikan sebagian besar isi buku ini akan terasa familiar untukmu. Singkatnya sudah ada dan pernah di dalam berbagai buku laris lainnya. Namun, buat dirimu yang masih newbie di kategori ini, buku ini akan membantumu.

Kurasa ‘hanya’ dengan satu buku ini, semua hal yang perlu kau ketahui tentang cara memusatkan perhatian, menetapkan tujuan, displin dengan proses, berdamai dengan tekanan, mengembangkan kebiasaan baik dan berbagi manfaat lainnya dihimpun di dalam buku setebal 286 halaman ini.

Sebenarnya apa yang benar-benar dirimu butuhkan saat ini? Apa tujuan yang ingin dirimu capai? Terukurkah tujuanmu itu atau hanya sekadar bayang-bayang ilusi dan tidak spesifik? Dirimu dengan bantuan buku ini akan menemukan jawabannya. Salam.


Judul Buku: The Answer: How to Take Charge of Your Life and Become the Person You Want to be

Judul Bahasa Indonesia: Jawaban Atas Apa yang Anda Inginkan dalam Hidup dan Bagaimana Mewujudkannya

Penulis: Allan dan Barbara Pease

Penerbit: Orion

Halaman: 286 Halaman

Tahun terbit: 2018

ISBN: 9781409168287

Genre: Non Fiksi, Pengembangan Diri

Harga: Rp. 80.000,00

Rating: 4.5/5

 

Penulis: Maria Julie Simbolon

Medan, 25 April 2021 

#Ulasan

#UlasanBuku

#30HariBlogBer13

#BloggerMedan

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan

Mewujudkan Rumah Impian, Pilih Beli Kavling Tanah atau Rumah Jadi?