Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menulis?

 

Oik, semuanyaaa. Cemana puasa hari kedua? Aman, kan? Semangatt... Semangatt... Cus kita ngeblog hari kedua, ya.

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk menulis?

Sekarang! Jangan ditunda, ya. Ide sering datang tiba-tiba, saat sedang di perjalanan atau mengerjakan aktivitas lain. Bila idenya muncul segera dituliskan sekarang. Kamu bisa menulisnya di catatan ponsel, coretan kertas atau di mana saja sebelum idenya hilang. Setelah menemukan waktu dan tempat yang pas barulah eksekusi coretan idenya menjadi tulisan.

Kalau aku, waktu yang paling nyaman untuk menulis adalah di saat semua keadaan tenang dan senyap, yaitu dini hari. Sebaiknya kamu menentukan waktu yang paling tepat dan nyaman untukmu menulis, ya. Kalau kamu tipenya bisa menulis di mana saja, itu lebih baik tentunya.

Laluilah setiap hari dengan menulis. Tekunlah mengerjakannya. Seperti langkah bayi, kamu bisa memulai menulis dari satu kalimat per hari. Lalu menjadi lima puluh kata per hari, begitu seterusnya. Seiring bertambahnya waktu, kecepatan dan kemampuanmu akan bertambah.

Jangan menunggu mood dan waktu yang tepat datang baru menulis. Ini teguran juga buatku supaya rutin berlatih menulis sedikit demi sedikit seperti bayi yang menapaki langkahnya perlahan.

Setelah menulis dan memeriksanya, kamu bisa mengendapkan tulisanmu. Artinya, diamkan tulisanmu beberapa jam, hari atau minggu. Setelahnya, lihat lagi ejaan yang kurang tepat dan ide yang perlu ditambahkan untuk memperkaya ide tulisan.

Kamu wajib memeriksa kembali tulisanmu. Lihat kesesuaian tata bahasa, ejaan, dan tanda bacanya. Menyunting secara mandiri adalah kewajiban setiap penulis.

Terakhir, apa yang paling penting dalam menentukan waktu menulis? Segera tuliskan apa yang ada di pikiranmu tanpa rasa takut. Kebanyakan mikir tidak menghasilkan apapun. Jangan batasi imajinasi yang ada di dalam dirimu, ya. Selamat mencoba.

Stephen King mengatakan bila kamu ingin menjadi penulis yang andal maka banyaklah membaca dan menulis.

Nah, bagaimana denganmu? Kapan waktu yang tepat bagimu untuk menulis, kawan? Kutunggu balasanmu di bawah, ya. Salam.

Medan, 14 April 2021.


Penulis: Maria Julie Simbolon

#30HariBlogBer2

#BloggerMedan

@Blogger_Medan

Komentar

  1. Menarik sekali informasinya untuk mulai menulis nih,memang harus dimulai dari saat ini. Saya pun biasanya menuliskan ide yang muncul di ponsel meskipun cuma garis besarnya aja. Ketika sudah nyaman di suatu tempat baru deh dituliskan secara lengkap tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Kak. Coretan itu koentji untuk project selanjutnya. Kalau ada ide segera dicatat.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih, ya. Saya akan terus memperbaharui tampilan supaya kita lebih nyaman membacanya. Hehhehehe.

      Hapus
  3. banyak ide mungkin untuk menulis, tapi terkadang kita kita tidak bisa menuliskannya, karena mungkin belum terbiasa untuk menulis, jadi dari artikel ini seperti dapat semangat baru saja, terima kasih, eh tampilannya baru ini, 😆

    BalasHapus
  4. Iyaaa, pas inget langsung nulis kook. tapi kehenti di draft doang XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaaaa. Hahahahhaha. Aku juga masih berjuang, Kak. Semangat kitaaaa.

      Hapus
  5. Siapa bilang obat malas gak ada ya kan mar? Ada obat malas. Iya lakukan! Sekarang! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

All The Bright Places: Tetaplah Menolong Walaupun Kondisimu Juga Butuh Pertolongan

Mewujudkan Rumah Impian, Pilih Beli Kavling Tanah atau Rumah Jadi?